Wednesday 19 July 2017

Hidup manusia lambat laun akan seperti ikan di kolam

Alajalu

Foto ini saya ambil ketika sedang melaksanakan acara perpisahan siswa siswi kelas IX di daerah Lembang Bandung. Tepatnya di kawasan wisata Floating Market, Lembang.

Awalnya ya seperti biasa, saya iseng dan memang kebetulan dapet momen yang menurut saya bagus buat dipotret. Langsung aja saya ambil smartphone saya, saya bidik ke arah pinggiran danau yang banyak ikan mas hiasnya. Kebetulan banyak pengunjung yang sedang memberi makan ikan-ikan itu.

Hasilnya ya foto ini, sekilas mungkin seperti foto ikan biasa, ya biasa banget kali ya...!! Cuma setelah saya perhatikan dengan baik, tiba-tiba muncullah pertanyaan dalam pikiran saya.

Sekian banyak ikan di dalam danau, saat ada yang memberinya makan, ikan-ikan itu langsung berebut mendapatkan makanannya masing-masing. Sementara jumlah makanan yang diberikan tidak sesuai dengan jumlah ikan yang ada.

Lalu muncullah pertanyaan, bagaimana jika kondisi tersebut sama dengan kondisi manusia saat ini, jumlahnya semakin banyak, namun sumber-sumber makanan semakin sedikit...???

Dan memang pada kenyataannya lahan-lahan pertanian dan perkebunan semakin sedikit, alasan utamanya karena sebagian besar orang beranggapan bahwa lebih baik lahan yang ada dibuat untuk membangun pemukiman.

Suatu saat nanti mungkin saja kita akan seperti itu. Jumlah manusia semakin bertambah, sedangkan jumlah makanan semakin sedikit. 

0 comments:

Post a Comment